Waspadai Gejala Angin Duduk

Penyakit angin duduk termasuk penyakit sangat berbahaya, hanya dalam waktu 15 menit sampai 30 menit orang yang terserang penyakit angin duduk bisa meninggal. Penyakit angin duduk atau biasa disebut penyakit sidrom jantung kroner akut ini disebabkan adanya penyempitan yang di akibatkan timbunan lemak dalam pembuluh darah disebabkan konsumsi kolesterol yang terlalu tinggi.

Selain itu, penyempitan bisa juga terjadi juga karena adanya sumbatan oleh sel beku darah, mengalami kejang-kejang terus menerus, atau karena infeksi pada pembuluh darah dan kurangnya oksigen yang masuk kedalam jantung. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan  untuk menghindari penyakit ini adalah, sebagai berikut :

  • Menjauhkan diri dari stress, karena dalam keadaan stress kinerja tubuh serta otak dipaksa untuk bekerja secara berlebihan.
  • Kontrol emosi Anda. Sebab, pada saat Anda dalam keadaan emosi otak panas, napas memburu, jantungpun berdebar keras, kadang samapi tubuh bergetar, darah bergerak cepat. Jika kondisi darah bergerak cepat, darah akan berkumpul disuatu tempat (pembuluh darah) akan terjadi penyumbatan. Akibatnya, pembuluh yang halus itupun pecah karena pembuluh darah teak dapat menampung banyaknya darah yang terus mengalir.
  • Jika terjadi rasa nyeri di dada, sebaiknya untuk tidak melakukan aktifitas fisik apapun.
  • Memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau, obat untuk mengantisipasi ketidak seimbangan supplai oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitrat, betabloker, dan kalsium antagonis.
  • Jangan dibiarkan sampai melewati batas 15 menit.
  • Segeralah kerumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  • Pentingnya mengetahui gejala angin duduk atau jantung koroner akut ini adalah membantu masyarakat untuk  mengetahui  dan waspada terhadap gejala tersebut. Gejala berupa rasa tidak nyaman pada dada dan nyeri pada bagian kiri yang menjalar ke lengan kiri, leher dan punggung. Jika Anda merasakan hal tersebut, segera periksakan ke dokter terdekat.

0 Response to "Waspadai Gejala Angin Duduk"

Poskan Komentar